OPINI KURIKULUM

INTEGRASI KURIKULUM BERIKUTNYA
By. Nurkhasanah

Korelasi antara KTSP, KBK tak luput dari peranan belanda yang mengawali pembuatan rencana pembelajaran yang disebut plann. Semua menuntut bahwa jiwa nasionalis dan religius tetap diikutsertakan dalam mata pelajaran. Dapat kita lihat bahwasanya kurikulum yang sedang dijalankan merupakan copy paste dari rencana pembelajran zaman Belanda.
Indonesia kini berganti alih, misal SMA mata pelajaran berganti menjadi peminatan MIPA, Sosial, dan Bahasa. Siswa diberikan kesempatan luas menikmati apa yang disukai, kini disebut lintas peminatan.
Di Taiwan, kurikulum baru untuk kelas 1 sampai 9 menggantikan tradisional subyek dengan tujuh domain utama pembelajaran. Domain adalah bahasa dan sastra, kesehatan dan pendidikan fisik, sosial penelitian, seni dan humaniora, matematika, alam dan teknologi, dan kegiatan yang terintegrasi (ekskul).
Kementerian Pendidikan menekankan bahwa kurikulum adalah kemanusiaan dan mempromosikan karakter moral. Siswa belajar keterampilan dasar melalui dua cara, yakni membaca buku teks dan mengintegrasikan keterampilan ke dalam kehidupan nyata. Tujuan dari kurikulum berbasis standar adalah untuk siswa memahami perubahan dan kehidupan nyata sehingga mereka menjadi bertanggung jawab dan kontribusi menjadi anggota masyarakat. Artinya, bahwa dunia industri dan semua bidang pasti membutuhkan anggota anggota yang memiliki kualitas dalam pendidikan, sebut saja para koruptor, mereka orang yang berpendidikan. Maka dari itu, pendidikan senantiasa menuntut perubahan sesuai permintaan industri dan kebutuhan masyarakat.
Supaya pertemuan standart terlaksana, Guru harus mencurahkan instruksional waktu ekstra untuk studi umum. Tujuannya adalah untuk mengajar siswa bagaimana belajar, bagaimana melakukan penelitian, dan bagaimana menjadi lebih kreatif. Melalui Seni Program, seniman dari masyarakat berkolaborasi dengan guru untuk mengembangkan kurikulum yang terintegrasi dengan menggunakan standar.
Standar Pertemuan Melalui Kurikulum Terpadu
BE = karakter, Nilai/keyakinan/sikap/tindakan
DO = keterampilan interdisipliner, Keterampilan yang lebih rendah tingkat
KNOW = Pemahaman Enduring/ generalisasi konsep interdisipliner, topik, Fakta


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DASAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

DEBAT POSISI KONTRA "KORUPSI PADA SEKTOR PENDIDIKAN"