RPP dan LEMBAR PERKEMBANGAN SISWA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                       : 4 SD
Pertemuan                              : ke-7
Semester                                : Genap
Waktu                                    : 120 menit
Pengajar                                 : Nurkhasanah


A.  Standar Kompetensi
Siswa diharapkan memiliki kemampuan dalam menjelaskan, memahami dan membedakan, menentukan, mengaitkan dan memecahkan serta mengaplikasi konsep matematika pecahan dalam KBM.

B. Kompetensi Dasar
      Kemampuan Menyelesaikan operasi hitung dalam bentuk pecahan.

C. Indikator Pembelajaran
      Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu :

1.      Cognitif  (PB 8: Perkembangan Kognitif)
a.     Membedakan antara pecahan biasa dan pecahan campuran (C2)
b. Menentukan pecahan dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam soal cerita dan soal tematik (C3)
c.       Menentukan pecahan mulai dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya, dari terbesar ke terkecil (C3)
d.   Menguraikan pecahan biasa menjadi pecahan campuran atau sebaliknnya, pecahan campuran menjadi pecahan biasa (C2)

2.      Afektif (PB 10 : Perkembangan Nilai, Moral dan Sikap)
a.      Mengikuti materi bilangan pecahan yang dijelaskan (A1)
b.      Mengatakan pendapatnya dalam sebuah masalah (A2)

Afektif  (PB 9 : Perkembanagan Konsep Diri dan Emosi)
a.      Menampilkan perhatian pada mata pelajaran matematika yaitu perasaan senang atau tidak senang, suka atau tidak suka dan reaksi terhadap suatu rangsangan dari luar (A2)

3.      Psikomotorik (PB 3: Perkembangan Psikomotorik)
a.      Menerapkan bilangan pecahan dalam kehidupan sehari-hari (P2)
b.      Menyempurnakan bilangan pecahan yang terdapat dalam soal (P3)
c.       Menggabungkan antara pecahan biasa, pecahan campuran (P4)
                                                                        
Karakter peserta didik yang diharapkan: Intelektual dan dapat dipraktikkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

D. Materi Pembelajaran
1.      Pecahan
a.       Cara membedakan pecahan biasa dan pecahan campuran
b.  Cara melakukan operasi pada pecahan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)

E.  Metode Pembelajaran
1.      Demonstrasi
PB 11: Perkembangan Kreativitas
Demonstrasi merupakan metode yang sangat efektif dalam membantu anak didik untuk menjawab kebutuhan belajarnya dengan usaha sendiri berdasarkan fakta dan data yang jelas. Dalam demonstrasi, guru mengembangkan pemikiran kreativitas siswa, dengan mendorong anak untuk mengungkapkan gagasannya sendiri, serta mengembangakan pola pikir dan kecakapannya.
2.      Diskusi Kelompok
PB 13: Cara mengatasi lupa dan jenuh dalam belajar
Diskusi kelompok merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kejenuhan dalam belajar. Metode ini sangat efektif dalam mengatasi kejenuhan siswa, karena siswa diberikan kesempatan dalam menyampaikan pendapatnya dari hasil pemikirannya dan di dalam metode diskusi ini juga dapat mengatasi kelupaan dalam belajar karena siswa dapat bertukat pikiran dengan kelompok diskusi yang lainnya.
3.      Penugasan
PB 13 : Teori Bakat Multiple Intellence
Metode ini dapat meningkatakan bakat dan kcerdasan pada siswa melalui tes kognitif, psikomotorik dan afektif. Pemaparan materi, diskusi, latihan (Hitungan atau cerita), games, tanya jawab

F.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Kegiatan Awal
·         Mengawali pelajaran dengan berdoa
·         Apersepsi dan motivasi

      Kegiatan Inti
      Eksplorasi
·     Guru bertanya apa yang dilakukan selama di luar kelas (pra-sekolah) yang berkaitan dengan pecahan
 Elaborasi
·         Guru menjelaskan tentang pecahan, yang terdiri dari pecahan biasa dan pecahan campuran, yaitu mengenal pecahan dengan gambar, menyederhanakan pecahan, penjumlahan, pengeluaran dan kombinasi
·       Guru menjelaskan tentang persen, yaitu perubahan dari pecahan biasa atau pecahan campuran menjadi persen atau sebaliknya, penjumlahan dan pengurangan kombinasi
·    Guru menjelaskan tentang desimal, yaitu pengertian desimal, contoh sederhana dari desimal, perubahan dari pecahan biasa atau campuran ke dalam desimal, pembagian pistol, penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian desimal
Konfirmasi
·      Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan.
·      Guru memberi tugas rumah.
·      Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru.

      Kegiatan Akhir
·      Mengakhiri pelajaran dengan berdoa

G. Sumber Belajar
                        Buku paket “MASTER Matematika kelas IV”, “LKS SD kelas IV”, “Modul kelas IV”, “Buku Level”


LEMBAR PERKEMBANGAN SISWA DIDIK

Nama               : …                                                                                       Level       : …    
Bulan / Thn     : …                                                                                         Kelas       : …
Jadwal             : …                                                                                          Target      : …                                                                                                            
Hari
: …
Pengamatan
Penyampaian dikelas
Tanggal
: …
• Sikap dikelas
B
PP
• Doa           : … 
Pertemuan
: ...
• Semangat belajar
B
PP
• Kuis          : … 
Target Materi
: … lbr
• Konsentrasi
B
PP
• Apersepsi  : … 
Riil
: … lbr
• Kemandirian
B
PP
• Materi       : …


• Pemahaman metode
B
PP
                    : … 


• Daya nalar
B
PP
                    : …
Catatan pembimbing : …


• Evaluasi    : …  


                    : …  





                    : …  
Pukul : …




Tanda tangan  : …





Nama             : …

Hari
: …
Pengamatan
Penyampaian dikelas
Tanggal
: …
• Sikap dikelas
B
PP
• Doa           : … 
Pertemuan
: ...
• Semangat belajar
B
PP
• Kuis          : … 
Target Materi
: … lbr
• Konsentrasi
B
PP
• Apersepsi  : … 
Riil
: … lbr
• Kemandirian
B
PP
• Materi       : …


• Pemahaman metode
B
PP
                    : … 


• Daya nalar
B
PP
                    : …
Catatan pembimbing : …


• Evaluasi    : …  


                    : …  





                    : …  
Pukul : …




Tanda tangan  : …
Nama             : …

Hari
: …
Pengamatan
Penyampaian dikelas
Tanggal
: …
• Sikap dikelas
B
PP
• Doa           : … 
Pertemuan
: ...
• Semangat belajar
B
PP
• Kuis          : … 
Target Materi
: … lbr
• Konsentrasi
B
PP
• Apersepsi  : … 
Riil
: … lbr
• Kemandirian
B
PP
• Materi       : …


• Pemahaman metode
B
PP
                    : … 


• Daya nalar
B
PP
                    : …
Catatan pembimbing : …


• Evaluasi    : …  


                    : …  





                    : …  
Pukul : …




Tanda tangan  : …





Nama             : …


Ket : B : Bagus     PP : Perlu Perhatian                                                                    Wajib di isi semua


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Hasil Observasi

KONSEP DASAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

Practice I of Writing IELTS