RPP dan LEMBAR PERKEMBANGAN SISWA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : 4 SD
Pertemuan : ke-7
Semester
: Genap
Waktu : 120 menit
Pengajar
:
Nurkhasanah
A. Standar
Kompetensi
Siswa diharapkan memiliki kemampuan
dalam menjelaskan, memahami dan membedakan, menentukan, mengaitkan dan
memecahkan serta mengaplikasi konsep matematika pecahan dalam KBM.
B. Kompetensi
Dasar
Kemampuan Menyelesaikan
operasi hitung dalam bentuk pecahan.
C. Indikator Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta
didik mampu :
1. Cognitif (PB
8: Perkembangan Kognitif)
a. Membedakan antara pecahan biasa dan pecahan campuran (C2)
b. Menentukan pecahan dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian dalam soal cerita dan soal tematik (C3)
c.
Menentukan pecahan mulai dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya, dari
terbesar ke terkecil (C3)
d. Menguraikan pecahan biasa menjadi pecahan campuran atau sebaliknnya, pecahan
campuran menjadi pecahan biasa (C2)
2.
Afektif (PB 10 : Perkembangan Nilai, Moral dan Sikap)
a.
Mengikuti materi bilangan
pecahan yang dijelaskan (A1)
b.
Mengatakan pendapatnya
dalam sebuah masalah (A2)
Afektif (PB 9 : Perkembanagan Konsep Diri dan Emosi)
a.
Menampilkan perhatian pada
mata pelajaran matematika yaitu perasaan senang atau tidak senang, suka atau
tidak suka dan reaksi terhadap suatu rangsangan dari luar (A2)
3.
Psikomotorik (PB 3: Perkembangan Psikomotorik)
a.
Menerapkan bilangan
pecahan dalam kehidupan sehari-hari (P2)
b.
Menyempurnakan bilangan
pecahan yang terdapat dalam soal (P3)
c.
Menggabungkan antara pecahan
biasa, pecahan campuran (P4)
Karakter peserta didik yang diharapkan: Intelektual dan dapat dipraktikkan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pecahan
a.
Cara
membedakan pecahan biasa dan pecahan campuran
b. Cara
melakukan operasi pada pecahan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian)
E. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
PB
11: Perkembangan Kreativitas
Demonstrasi merupakan
metode yang sangat efektif dalam membantu anak didik untuk menjawab kebutuhan
belajarnya dengan usaha sendiri berdasarkan fakta dan data yang jelas. Dalam
demonstrasi, guru mengembangkan pemikiran kreativitas siswa, dengan mendorong
anak untuk mengungkapkan gagasannya sendiri, serta mengembangakan pola pikir
dan kecakapannya.
2. Diskusi
Kelompok
PB 13: Cara
mengatasi lupa dan jenuh dalam belajar
Diskusi kelompok
merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kejenuhan dalam belajar. Metode ini
sangat efektif dalam mengatasi kejenuhan siswa, karena siswa diberikan
kesempatan dalam menyampaikan pendapatnya dari hasil pemikirannya dan di dalam
metode diskusi ini juga dapat mengatasi kelupaan dalam belajar karena siswa
dapat bertukat pikiran dengan kelompok diskusi yang lainnya.
3. Penugasan
PB 13 : Teori
Bakat Multiple Intellence
Metode ini dapat
meningkatakan bakat dan kcerdasan pada siswa melalui tes kognitif, psikomotorik
dan afektif. Pemaparan materi, diskusi, latihan
(Hitungan atau cerita), games, tanya jawab
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
·
Mengawali pelajaran dengan berdoa
·
Apersepsi dan motivasi
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
· Guru bertanya apa yang dilakukan selama di luar kelas (pra-sekolah) yang
berkaitan dengan pecahan
Elaborasi
· Guru menjelaskan tentang pecahan, yang terdiri dari pecahan biasa dan pecahan
campuran, yaitu mengenal pecahan dengan gambar, menyederhanakan pecahan,
penjumlahan, pengeluaran dan kombinasi
· Guru
menjelaskan tentang persen, yaitu perubahan dari pecahan biasa atau pecahan
campuran menjadi persen atau sebaliknya, penjumlahan dan pengurangan kombinasi
· Guru
menjelaskan tentang desimal, yaitu pengertian desimal, contoh sederhana dari
desimal, perubahan dari pecahan biasa atau campuran ke dalam desimal, pembagian
pistol, penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian desimal
Konfirmasi
·
Guru menyimpulkan materi yang telah
diajarkan.
·
Guru memberi tugas rumah.
·
Peserta didik menjawab
pertanyaan-pertanyaan dari guru.
Kegiatan
Akhir
·
Mengakhiri pelajaran dengan berdoa
G. Sumber
Belajar
Buku paket
“MASTER Matematika kelas IV”, “LKS SD kelas IV”, “Modul kelas IV”, “Buku Level”
LEMBAR PERKEMBANGAN SISWA DIDIK
Nama : … Level :
…
Bulan / Thn : … Kelas : …
Jadwal : … Target : …
Hari
|
:
…
|
Pengamatan
|
Penyampaian dikelas
|
||
Tanggal
|
:
…
|
•
Sikap dikelas
|
B
|
PP
|
•
Doa : …
|
Pertemuan
|
:
...
|
•
Semangat belajar
|
B
|
PP
|
•
Kuis : …
|
Target
Materi
|
:
… lbr
|
•
Konsentrasi
|
B
|
PP
|
•
Apersepsi : …
|
Riil
|
:
… lbr
|
•
Kemandirian
|
B
|
PP
|
•
Materi : …
|
|
|
•
Pemahaman metode
|
B
|
PP
|
: …
|
|
|
•
Daya nalar
|
B
|
PP
|
: …
|
Catatan
pembimbing : …
|
|
|
•
Evaluasi : …
|
||
|
|
: …
|
|||
|
|
|
|
|
: …
|
Pukul
: …
|
|
|
|
|
Tanda
tangan : …
|
|
|
|
|
|
Nama : …
|
Hari
|
:
…
|
Pengamatan
|
Penyampaian dikelas
|
||
Tanggal
|
:
…
|
•
Sikap dikelas
|
B
|
PP
|
•
Doa : …
|
Pertemuan
|
:
...
|
•
Semangat belajar
|
B
|
PP
|
•
Kuis : …
|
Target
Materi
|
:
… lbr
|
•
Konsentrasi
|
B
|
PP
|
•
Apersepsi : …
|
Riil
|
:
… lbr
|
•
Kemandirian
|
B
|
PP
|
•
Materi : …
|
|
|
•
Pemahaman metode
|
B
|
PP
|
: …
|
|
|
•
Daya nalar
|
B
|
PP
|
: …
|
Catatan
pembimbing : …
|
|
|
•
Evaluasi : …
|
||
|
|
: …
|
|||
|
|
|
|
|
: …
|
Pukul
: …
|
|
|
|
|
Tanda
tangan : …
|
Nama : …
|
Hari
|
:
…
|
Pengamatan
|
Penyampaian dikelas
|
||
Tanggal
|
:
…
|
•
Sikap dikelas
|
B
|
PP
|
•
Doa : …
|
Pertemuan
|
:
...
|
•
Semangat belajar
|
B
|
PP
|
•
Kuis : …
|
Target
Materi
|
:
… lbr
|
•
Konsentrasi
|
B
|
PP
|
•
Apersepsi : …
|
Riil
|
:
… lbr
|
•
Kemandirian
|
B
|
PP
|
•
Materi : …
|
|
|
•
Pemahaman metode
|
B
|
PP
|
: …
|
|
|
•
Daya nalar
|
B
|
PP
|
: …
|
Catatan
pembimbing : …
|
|
|
•
Evaluasi : …
|
||
|
|
: …
|
|||
|
|
|
|
|
: …
|
Pukul
: …
|
|
|
|
|
Tanda
tangan : …
|
|
|
|
|
|
Nama : …
|
Ket : B : Bagus PP : Perlu Perhatian Wajib di isi semua
Komentar
Posting Komentar